Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Cara Membuat Facebook Apps


Halo sobat blogger... pa kabar semoga baik-baik saja yaa... Postingan artikel kali ini mengenai aplikasi facebook untuk menampilkan blog sendiri, sebagai contoh dapat dilihat di http://apps.facebook.com/monozcore/. Membuat aplikasi facebook untuk sekedar menampilkan blog sebenarnya tidaklah terlalu sulit hanya saja dalam proses pemasangan perlu sedikit trik untuk bisa menampilkan blog dalam aplikasi facebook. Oke... mas bro buat yang tertarik langsung aja ke TKP...

LANGKAH 1 :
Apabila blog sobat tidak menggunakan domain blogspot maka silakan lewati langkah ini dan langsung menuju langkah 2 namun apabila masih terdapat error pada domain sobat sehingga aplikasi facebook tidak bisa dijalankan silakan sobat baca langkah 1 dulu.

Aplikasi facebook tidak mengijinkan iframe langsung menggunakan domain blogspot oleh sebab itu supaya blog sobat bisa diakses maka terlebih dahulu sobat buat redirection domain untuk url blog sobat. Salah satu penyedia layanan redirection domain yang terbaik dan gratis saat ini yaitu menggunakan domain dot tk. Maksud dari redirection domain adalah untuk merubah domain blogspot menjadi tk (misal: www.blog-sobat.blogspot dirubah menjadi www.blog-sobat.tk). Oh ya... redirection domain hanya penggunaan tambahan jadi tidak akan merubah domain awal, alias domain blogspot sobat masih tetap bisa diakses.
  • Kunjungi situs dot.tk kemudian klik login pada link di pojok kanan atas. Jika sobat blogger sudah punya akun google maka pilih / klik login menggunakan akun google.


  • Jika sobat menggunakan koneksi internet yang rada lemot maka ada baiknya sobat bersabar untuk menunggu sejenak hingga masuk ke halaman dashboard dot tk.
  • Setelah masuk ke halaman dashboard dot tk, klik Domain Panel > Add a Domain > Pilih Nama Domain untuk blog anda > klik Add New Domain.
  • Apabila nama redirection domain sobat tersedia maka selanjutnya pilih Free Domain > Klik Next.
  • Selanjutnya pada preference blog isi pilihan yang tersedia sebagai berikut, Your referer URL : Isi alamat blog anda (misal:http://mozwidget.blogspot.com) > Registration Length : Pilih 12 Month > Type the character you see in this picture : ketik kode captcha yang terlihat.
  • Selanjutnya klik Next > dan... selamat alamat url redirection sobat sudah jadi.
LANGKAH 2 :
Sekarang kita lanjutkan ke tahap pembuatan aplikasi facebook. Ada beberapa langkah yang perlu di perhatikan, monggo disimak tutorialnya...
  • Login ke akun facebook sobat kemudian pastikan sobat sudah mencantumkan nomor telepon sobat di setting-an profil facebook.
  • Kunjungi situs developer aplikasi facebook di https://developers.facebook.com/ kemudian klik Apps pada menu di atas.
  • Klik Create New Apps kemudian isi nama untuk aplikasi facebook dan nama unik untuk aplikasi facebook secara global (nama aplikasi dan nama aplikasi global bebas terserah sobat namun saran saya gunakan nama dari blog sobat agar eksistensi blog erat kaitannya dengan aplikasi facebook) setelah itu klik "Okay".


  • Apabila profil facebook sobat belum mencantumkan / belum ada nomor telepon sobat maka akan tampil peringatan error, namun ga perlu khawatir tinggal klik tulisan "mobile phone" untuk memasukan nomor telepon sobat ke facebook. Jika tidak muncul peringatan error silakan lewati langkah ini. Masukan nomor telepon sobat kemudian tunggu beberapa saat untuk mendapatkan kode konfirmasi yang dikirimkan melalui SMS. Masukan kode konfirmasi yang sobat dapatkan dari SMS, jika gagal ketik link url yang ada di SMS tersebut ke web address browser kemudian klik "Add Phone" setelah itu akan muncul kode captcha, silakan sobat ketik kode captcha yang ditampilkan setelah itu klik "Continue".










  • Selamat aplikasi facebook sobat sudah jadi namun belum bisa di tampilkan, untuk itu perlu dilakukan setting-an awal. Pada beberapa menu yang ada cari tulisan dan klik "App On Facebook" kemudian isi settingan berikut ini Canvas URL (misal: http://mozwidget.tk/ ), Secure Canvas URL (misal: https://mozwidget.tk/), Canvas Width : Fluid dan Canvas Height : Fluid. Setelah itu klik "Save Changes".


  • Selanjutnya setting aplikasi gambar icon agar aplikasi facebook sobat semakin menarik. Arahkan kursor ke gambar aplikasi icon kemudian klik "Edit" pada tulisan yang terlihat di gambar icon. Isi data-data aplikasi (opsional boleh diisi boleh juga tidak). Klik kotak untuk ukuran-ukuran icon yang ingin di upload. Pastikan sebelum di upload ukuran gambar dalam pixel sudah sesuai dengan ukuran yang diminta. Setelah selesai klik "Save Changes".


  • Selamat aplikasi facebook untuk menampilkan blog sobat sudah jadi dan siap di publikasikan.
Gimana sob tutorialnya... menarik-kan, jangan lupa untuk kritik dan komentarnya. Sampai bertemu lagi di postingan artikel berikutnya. Happy Blogging...

.: Semoga Bermanfaat :.

Post a Comment

0 Comments