Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Cara Menampilkan Kalender Google Versi Indonesia Di Blog


Pilihan terbaik untuk menambahkan kalender ke blog Anda adalah dengan menggunakan Google Calendar. Namun pada postingan artikel ini akan saya berikan sekaligus dua tutorial, yaitu Pemasangan Google Calendar versi Indonesia dan Cara setting Google Calendar secara manual.

Google Calendar adalah kalender berbasis web gratis yang dapat Anda gunakan untuk melacak peristiwa-peristiwa penting di satu tempat atau melihat jadwal dari peristiwa tersebut baik dari komputer atau perangkat mobile di mana saja. Google Kalender biasanya ditambahkan untuk widget teks atau gadget di sidebar blog Anda. Memasang Google Calendar di sidebar Anda adalah pilihan yang baik tapi itu membuat kalender terlihat kecil. Jika Anda ingin membuat kalender Anda mudah dibaca Anda akan lebih baik untuk memasangnya dalam halaman di blog Anda.


Google Calendar versi Indonesia :
  • Login ke blog sobat...

  • Klik "More Options" selector box kemudian klik "Layout" setelah itu pilih "Add a Gadget" kemudian pilih "HTML/JavaScript", seperti gambar dibawah ini.





  • Copy-paste kode berikut ini di kotak postingan gadget.

    <div align="center"><iframe src="https://www.google.com/calendar/embed?showTitle=0&amp;showNav=0&amp;showDate=0&amp;showPrint=0&amp;showTabs=0&amp;showCalendars=0&amp;showTz=0&amp;height=250&amp;wkst=1&amp;bgcolor=%23FFFFFF&amp;src=in.indonesian%23holiday%40group.v.calendar.google.com&amp;color=%23A32929&amp;ctz=Asia%2FJakarta" style=" border-width:0 " width="255" height="250" frameborder="0" scrolling="no"></iframe></div>

    Catatan :
    • width="255" ==> Lebar widget.
    • height="250" ==> Tinggi widget.

  • Klik "Save" dan lihat hasilnya...

Cara setting Google Calendar secara manual :

Berikut cara manual membuat Google Calendar.
  1. Kunjungi Calendar Settings di Google Calendar, Anda harus login ke Google terlebih dahulu. Klik disini.

  2. Kemudian klik "Calendar Setting" seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

    Gambar 1

  3. Klik "Customise the color, size and other options" di sebelah tulisan "Embed this Calendar".

    Gambar 1

  4. Silakan Anda kostumasi pilihan konfigurasi tampilan, seperti pilih centang Navigation buttons (1) atau hapus semua centang, pilih Month atau Agenda untuk Default View (2), sesuaikan lebar widget (3) dan tinggi widget (coba 250 pixels untuk lebar dan tinggi), dan calendar mana yang akan ditampilkan (calendars to display). Anda bisa menyesuaikan berbagai parameter tersebut sehingga widget calendar bisa cocok dengan tema template blog sobat.

    Gambar 1

  5. Klik tombol "Update HTML" (1) dan salin kode HTML yang ada dikotak tersebut (2) kedalam kotak widget blog Anda.

    Gambar 1

    Gambar 1

  6. Klik "Save" dan lihat hasilnya...

Demikian tutorial Cara Menampilkan Kalender Google Versi Indonesia Di Blog. Apabila ada pertanyaan seputar tutorial ini silakan Anda tanyakan melalui kotak komentar yang ada di bawah.

Post a Comment

0 Comments