Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Manfaat & Khasiat Tanaman LIDAH BUAYA


Lidah Buaya (Aloe vera; Latin: Aloe barbadensis Milleer) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika.

Manfaat lidah buaya memang sangat banyak, lidah buaya bermanfaat untuk rambut, kulit, jerawat, bahkan untuk dijadikan obat alami dibeberapa bagian tubuh manusia.

Tumbuhan ini sering digunakan sebagai masker rambut dan obat anti jerawat bunga lidah buaya memiliki banyak manfaat. Berikut adalah daftar Kegunaan Manfaat & Khasiat Daun Tanaman Lidah Buaya.

DETOSIFIKASI ALAMI DENGAN JUS LIDAH BUAYA

Jus lidah buaya dapat menjadi pilihan yang alami untuk proses detoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh manusia. Meningkatnya cara hidup tidak sehat seperti merokok, junk food, stress, dan polusi membuat kita membutuhkan ‘pembersihan’ berbagai racun yang terdapat dalam tubuh. Jus lidah buaya adalah cara yang ideal untuk melakukan hal ini karena mengandung banyak unsur vitamin dan mineral yang dapat membantu tubuh mengatasi stres dan ketegangan sehari-hari dan meminimalisir racun dalam tubuh.

TURUKAN BERAT BADAN DENGAN JUS LIDAH BUAYA

Apa hubungannya lidah buaya dengan berat badan ?

Konsumsi jus lidah buaya akan membantu tubuh secara alami untuk membersihkan sistem pencernaan. Pola makan yang tidak sehat yang dapat menyebabkan kelainan dalam sistem pencernaan akan dinetralisir oleh jus lidah buaya ini. Pencernaan yang sempurna akan membantu anda menjaga keseimbangan konsumsi dan kelancaran proses buang air besar, selain itu lidah buaya juga dapat mengenyangkan.

LIDAH BIAYA UNTUK KESEHATAN KARDIOVASKULER

Kesehatan Kardiovaskular tidak terlepas dari masalah jantung dan peredaran darah dalam tubuh. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ketika dokter menyuntikkan ekstrak lidah buaya ke dalam darah, secara drastis ia meningkatkan kemampuan difusi sel darah merah serta transportasi oksigen. Lidah buaya memiliki nutrisi yang dapat mengatur tekanan darah, meningkatkan oksidasi darah dan sirkulasi agar lancar, menurunkan kolesterol dan membuat darah lebih encer.

RESEP/RAMUAN LIDAH BUAYA DAN MADU UNTUK ATASI SEMBELIT DAN AMBEIN

Ambeien :

Cara Meramu: Setengah (1/2) batang daun lidah buaya dibuang durinya, dicuci, lalu diparut. Beri setengah (1/2) gelas air panas, kemudian peras. Tambahkan 2 sendok makan madu. Dalam keadaan hangat, minum 3 kali sehari.
Sembelit :

Cara Meramu: Setengah (1/2) batang daun lidah buaya dicuci dan dikupas. Isinya dipotong kecil-kecil. Seduh dengan setengah (1/2) gelas air. Beri 1 sendok makan madu. Hangat-hangat dimakan 2 kali sehari.

MADU DAN LIDAH BUAYA UNTUK KESEHATAN PENCERNAKAN

Sistem pencernaan yang sehat diperlukan untuk memastikan bahwa kita mampu menyerap semua nutrisi yang dimasukkan melalui makanan yang kita konsumsi. Selain kemampuan detoksifikasi alami, jus lidah buaya dapat meningkatkan penyerapan protein dan meningkatkan keteraturan fungsi usus. Lidah buaya juga dapat mengurangi jumlah ragi ramah dan bakteri yang ditemukan dalam usus kita. Ia juga dapat mengurangi masalah pencernaan seperti mulas.

Adapun beberapa manfaat lainnya dari tanaman lidah buaya seperti berikut.

1. Obat Alami Untuk Gangguan pencernaan
Lidah buaya berguna terutama pada kasus panas perut, iritasi usus dan tukak lambung. Lidah buaya diketahui dapat menenangkan esofagus dan mengatasi refluks asam.

2. Lidah Buaya Untuk Kesehatan mulut
Lidah buaya sangat bermanfaat untuk masalah mulut dan gusi, terutama dalam memperbaiki gusi yang memburuk.

3. Lidah Buaya Untuk Perawatan kulit
Menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan, perbaikan dan peremajaan kulit.

4. Lidah Buaya Untuk Mengatasi Diabetes
Setengah sendok jus lidah buaya yang diberikan selama 14 minggu, terbukti mengurangi kadar gula darah sebesar 45 persen.

5. Lidah Buaya Untuk Membantu Gerakan USUS
Aloe lateks mengandung antrakuinon glycosidesaloin A dan B yang bermanfaat sebagai obat pencahar yang kuat.

6. Kegunaan Manfaat & Khasiat Daun Tanaman Lidah Buaya -Menjaga berat badan
Jus lidah buaya telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menurunkan berat badan.

7. Kegunaan Manfaat & Khasiat Daun Tanaman Lidah Buaya -Kekebalan
Lidah buaya merupakan antioksidan yang penuh kontra radikal bebas untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Kegunaan Manfaat & Khasiat Daun Tanaman Lidah Buaya – Luka bakar
Gel lidah buaya dapat menyembuhkan dan memperbaiki kulit yang terkena luka bakar, termasuk luka bakar akibat paparan sinar matahari.

9.Kegunaan Manfaat & Khasiat Daun Tanaman Lidah Buaya – Ketombe
Lidah buaya dapat membantu dalam mengurangi gatal dan ketombe. Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai perawatan rambut sebelum Anda keramas.

10. Kegunaan Manfaat & Khasiat Daun Tanaman Lidah Buaya – Mendinginkan kulit yang terbakar sinar matahari, terutama bagi  mereka yang kerap bekerja di luar ruangan

11. Kegunaan Manfaat & Khasiat Daun Tanaman Lidah Buaya – Mengatasi masalah kulit yang disebabkan cuaca, seperti kulit  kering, kemerahan, mengelupas, dan iritasi ringan atau ruam

12. Kegunaan Manfaat & Khasiat Daun Tanaman Lidah Buaya – Memudarkan warna kemerahan pada memar di tubuh

13. Kegunaan Manfaat & Khasiat Daun Tanaman Lidah Buaya – Mengatasi rasa tidak nyaman yang disebabkan alat cukur

14. Kegunaan Manfaat & Khasiat Daun Tanaman Lidah Buaya – Dapat digunakan sebagai krim anti penuaan dini atau untuk mengatasi  keriput

15. Kegunaan Manfaat & Khasiat Daun Tanaman Lidah Buaya – Mengobati ruam akibat terkena getah tanaman

16. Kegunaan Manfaat & Khasiat Daun Tanaman Lidah Buaya – Mengatasi rasa gatal akibat gigitan serangga

17. Kegunaan Manfaat & Khasiat Daun Tanaman Lidah Buaya – Gunakan setiap hari untuk memudarkan bekas luka dan strecth mark, garis-garis putih atau merah akibat kehamilan

18. Kegunaan Manfaat & Khasiat Daun Tanaman Lidah Buaya – Merawat luka kecil akibat teriris pisau atau   tergores

19. Kegunaan Manfaat & Khasiat Daun Tanaman Lidah Buaya – Memudarkan bintik bintik kehitaman pada kulit

20. Kegunaan Manfaat & Khasiat Daun Tanaman Lidah Buaya – Dapat berguna sebagai pengganti kondisioner dan jelly untuk rambut

21. Kegunaan Manfaat & Khasiat Daun Tanaman Lidah Buaya – Bisa digunakan untuk mengurangi jerawat

22. Kegunaan Manfaat & Khasiat Daun Tanaman Lidah Buaya – Digunakan untuk mempercepat penyembuhan sariawan

23. Kegunaan Manfaat & Khasiat Daun Tanaman Lidah Buaya – Dapat digunakan sebagai body lotion alami

24. Kegunaan Manfaat & Khasiat Daun Tanaman Lidah Buaya – Untuk meredakan otot yang keram atau menegang

25. Kegunaan Manfaat & Khasiat Daun Tanaman Lidah Buaya – Digunakan untuk mengurangi keluhan pada masalah gusi

26. Kegunaan Manfaat & Khasiat Daun Tanaman Lidah Buaya – Mengurangi ketombe pada kepala

27.Kegunaan Manfaat & Khasiat Daun Tanaman Lidah Buaya – Mengatasi kutu air

Sumber : Dari berbagai sumber.

.: Semoga Bermanfaat :.

Post a Comment

0 Comments